Ads Here

Minggu, 26 Agustus 2018

Ayam Aduan Terkena Penyakit Tetelo, Begini Cara Mengobatinya

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Ayam Aduan, Penyakit tetelo atau newcastle disease virus merupakan salah satu jenis penyakit ayam aduan yang diakibatkan dari salah satu virus yang paling berbahaya setelah dari penyakit yang pernah menghebohkan masyarakat di indonesia yakni penyakit flu burung. sampai sejauh ini pun tidak ada satu pun daerah di indonesia yang bebas dari penyakit ini.

Yang namanya penyakit tentun saja dapat membuat rugi bagi siapa saja, baik untuk kita sendiri maupun unggas peliharaan yang kita miliki sendiri. penyakit tetelo merupakan penyakit yamg kerap sekali menyerang pada ayam aduan yang kita miliki pada usia yang masih mudah bahkan juga dapat terjadi pada ayam aduan yang sudah dewasa. penyakit seperti ini sering terjadi pada masa pancaroba yang dapat menular melalui ludah, feses, makanan dan minuman.

Untuk itu bagi pemiliki ayam aduan yang memiliki ayam aduan terjangkit seperti ini, harus kamu pisahkan dengan ayam aduan lainnya yang kamu miliki. lalu kamu juga harus cepat mengobati ayam aduan yang kamu miliki bila terkena penyakit tetelo ini. bagaimana cara mengobati penyakit tetelo? untuk cara mengobatinya munking seluruh para senior Botoh Ayam Aduan sudah mengetahuinya, namun pada kesempatan ini izin kan saya berbagi pengalaman yang saya miliki tentang cara mengobati ayam aduan yang sudah terkena penyakit tetelo.

Cara Mengobati Penyakit Tetelo Pada Ayam Aduan :


1. Menggunakan Bawang Merah / Putih : 

Berdasarkan pengalaman peternak ayam bangkok, bawang merah atau bawang putih secara tunggal tidak bisa menyembuhkan tetelo. tetapi campuran ramuan Kunyit 1 cm, Kencur 1/2 cm, dan bawang putih setiap tiga (3) kali dalam seminggu dapat mencegah tetelo (bukan mengobati, tetapi untuk mencegah sebelum terkena tetelo).

2. Menggunakan Daun Pepaya :

Perasan daun Pepaya secara tunggal berdasarkan pengalaman tidak dapat menyembuhkan tetelo. tetapi berdasarkan info dari BPP nanggulan yogyakarta, bahwa campuran ramuan Kunyit, bawang putih dan daun pepaya yang diberikan secara rutin dapat mencegah penyakit flu burung. jika bisa mencegah flu Burung maka juga bisa mencegah tetelo, karena kedua penyakit tersebut sama sama penyakit infeksi viral yang juga diakibatkan oleh virus.

3. Menggunakan Antiseptik / Desinfekta :

Penggunaan antiseptik/desinfektan alami yaitu daun sirih (bukan batang sereh untuk memasak), ternyata bisa menyembuhkan tiga (3) ekor ayam bangkok dewasa yang baru terkena tetelo, tetapi belum pernah dipraktekkan kepada ayam bangkok yang sudah terkena tetelo yang parah.

4. Rimpang Kunyit Putih :

Obat tetelo yang paling ampuh yang pernah dicoba adalah campuran beberapa tanaman obat dari rimpang kunyit putih, daun sirih merah, sambiloto, temu Kunci. salah satu dari tanaman obat ini sebaiknya harus ada ketika membuat ramuan obat untuk tetelo.

5. Menggunakan 3 Bahan Campuran :

3 Jenis yang pernah dicoba adalah campuran sirih merah, sambiloto, dan temu kunci sangat ampuh. ramuan lainnya juga bagus adalah campuran kunyit putih, temu kunci, sirih hijau, daun pepaya, dan kunyit biasa.

Munking cukup sampai disini dulu ulasan yang dapat saya sampaikan kepada kamu semua tentang bagaimana Cara Mengobati Penyakit Tetelo yang sering terjadi pada ayam aduan. semoga dengan adanya artikel yang saya berikan ini dapat untuk membantu dan menambah wawasan kamu semua dalam merawat ayam aduan yang baik dan berkualitas sebagai ayam juara bertarung didalam arena tarung ayam jago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar